Kapan Penonton Boleh Masuk Lagi Stadion?

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk olahraga, khususnya sepakbola. Sejak pandemi terjadi, awalnya semua kegiatan olahraga dihentikan, liga-liga Eropa semua berhenti bermain. Semua harus karantina alias lockdown. Kemudian setelah jumlah infeksi menurun, pertandingan sepakbola sudah boleh diadakan, tetapi tanpa penonton. Dan pertandingan pun terasa hambar dan kurang bergairah. Tetapi, bagaimanapun kita harus memakluminya.

10F023B5-5D1B-4F47-9345-2B22C9884CA6.jpeg
Source

Setidaknya kita dapat menonton tim kesayangan kita bertanding melalui siaran televisi. Bagi kami yang tinggal jauh dari daratan Eropa, tentu sangat jarang punya kesempatan untuk menonton langsung di stadion, kami hanya bisa menonton pertandingan melalui live broadcast di televisi. Tetapi, pertandingan tanpa penonton juga kurang bergairah saat kita tonton siaran langsung. Gemuruh penonton saat terjadi gol, sungguh sebuah nuansa tersendiri. Sehingga saya pikir, ketika nanti pertandingan sepakbola sudah dapat dihadiri penonton, maka semuanya akan terasa menyenangkan.

Kita tahu bahwa, tanpa penonton, klub juga tidak memiliki pendapatan melalui penjualan tiket. Hal ini sangat berpengaruh pada industri sepakbola. Penonton adalah penyemangat sekaligus bagian dari bisnis industri olahraga. Semakin banyak penonton memenuhi kapasitas maksimal stadion, semakin banyak pula pendapatan sebuah klub. Semua pihak pasti berharap pandemi Covid-19 cepat berakhir, dan kehidupan dapat berjalan normal kembali, termasuk kehidupan sepakbola.